Friday, December 14, 2018
   
Text Size

SEJARAH DAN KURIKULUM

User Rating: / 1
PoorBest 

 

SEJARAH PESANTREN DAN KURIKULUM

III

LATAR BELAKANG BERDIRINYA.

 

1.

Timbul dari rasa keprihatinan melihat kenyataan kekurangan “KADER ULAMA”

di kalangan persyarikatan Muhammadiyah pada khususnya. Padahal Muhammadiyah itu sendiri sebagai “Gerakan Islam dan Amar Ma’ruf Nahi munkar”, di tengah-tengah masyarakat.

 

2.

Sebagai perwujudan dari firman Allah SWT dalam Al Qur’an surat At Taubah ayat 123, yang menegaskan perlu adanya satu kelompok yang bertafaquh fiddin agar nanti berfungsi sebagai “ Munzir “ di tengah tengah masyarakat.

 

IV

TUJUAN DIDIRIKANNYA.

 

1.

U M U M :

 

 

 

 

Untuk memenuhi hajat dan kebutuhan persyarikatan Mauhammadiyah pada khususnya  sebagai “Gerakan Islam”, “Gerakan Dakwah “ dan  “Gerakan Tajdid”, dalam masyarakat kaum muslimin .

 

2.

KHUSUS :

 

 

Tersedianya sumber daya insani yang memiliki kualifikasi/kompetensi :

2.1. Memiliki kemantapan beraqidah (tauhid khalis), ketertiban dalam beribadah,

berbudi pekerti yang luhur dan berkepribadian yang utuh dan tangguh (akhlak karimah) yang mencakup :

[a] positive self conceft (konsep diri yang positif)

[b] high self estreem dan self confident ( bangga dan tampil percaya diri)

[c] self management skill (kemampuan mengatur diri)

[d] self development orientaton ( berorientasi untuk pengembangan diri)

[e] high religius commitment ( mempunyai komitmen keagamaan)

2.2 .Memiliki komitmen keilmuan yang tinggi dan kopetensi akademik dalam bidang sains religius ( al ulum al naqliyah) dan sains rasional ( al ulum aqliyah) serta kemampuan untuk meng integrasikan keduanya.

2.3. Mempunyai kompetensi untuk membaca realitas dan menghubungkannya dengan nilai-nilai ajaran agama ( model ideal teks) serta melakukan tranformasi social cultural kearah konstruktif.

2.4 Memiliki kemampuan berkomunikasi yang efektif (khitabah, mujadalah, muhadharah,) dan kopetensi berorganisasi ( administrasi, manajemen, leadershif, human relation).

 

V

NAMA PONDOK ( MA’HAD ).

 

 

Pondok ini  bernama  “Ma’had Darul Arqam Muhammadiyah Garut” .Bertafa’ul kepada lembaga “Kaderisasi” yang pertama didirikan oleh Nabi Muhammad Rasulullah saw.

“Dar” artinya Rumah, sedangkan “al-Arqam” nama shahabat Rasul saw.  Di rumah shahabat al-Arqam bin Abil Arqam inilah Rasulullah saw. menggembleng para shahabatnya  yang  berjumlah  30  orang itu, sehingga berfungsi sebagai

“ penerus dan pewaris” Nabi saw. dalam mengemban tugas Risalah Islamiyah.

VI

JENJANG PENDIDIKAN.

 

 

 

 

 

Masa pendidikan di pondok (Ma’had) ini tidak kurang dari 9 tahun dengan rincian sbb.:

5.1. Tiga tahun pertama setingkat SLTP / MTs.

5.2. Tiga tahun kedua, setingkat SLTA  / MA

 

 

Keterangan :

  1. Untuk  setingkat SLTP/ MTs, calon siswa adalah tamatan SD/MI yang lulus saringan masuk .Testing masuk dilaksanakan pada Bulan Mei berarti lebih awal dari penerimaan siswa pada umumnya. Hal ini dimaksudkan untuk mencari calon  siswa yang pilihan utamanya ingin belajar di Pondok Pesantren. Dari sistim ini diharapkan agar setiap santri yang belajar di Pondok benar-benar siap menjadi Kader Perserikatan dan Kader Umat.
  2. Adapun kitab-kitab yang dipergunakan adalah kitab-kitab yang mengacu kepada sumber aslinya , yaitu Al-Qur’an dan As Sunnah. Sedang untuk pelajaran Umum  menggunakan kurikulum SLTP / MTs.

3.  Untuk setingkat SLTA / MA , calon hanya diambil dari Kelas III MTs. Darul Arqam atau tidak menerima calon siswa dari luar, mengingat pelajaran Agama di Pondok merupakan satu paket  yang diberikasn kepada santri sejak kelas I s/d kelas VI , saringan masuk untuk tingkat ini  adalah sikaf mental, dengan harapan agar  dalam mengikuti  pelajaran di tingkat SLTA ini  lebih sungguh-sungguh.

 

VII

KURIKULUM.

 

 

 

Pendidikan islam komprehensif-holistik, menggabungkan kurikulum pendidikan kepesantrenan dengan kurikulum pendidikan nasional ( madrasah tsanawiyah ( SLTP) dan madrasah aliyah ( SLTA)

Sifat dari kurikulum pondok (Ma’had) adalah “ Berimbang “ dan “terpadu” antara mata pelajaran agama dan umum.

6.1. Mata pelajaran agama = 36 jam pelajaran = 49,3 %

6.2. Mata pelajaran umum = 37 jam pelajaran = 50,7 %

 

 

Keterangan :

 

6.1. Mata pelajaran Agama yang 49,3  % itu adalah sesuai dengan kelaziman pondok (Ma’had), yaitu diisi dengan berbagai pelajaran yang bersumber dari kitab-kitab kuning (yang berbahasa Arab secara penuh tidak menggunakan buku-buku terjemahan dengan demikian diharapkan pada tahun ke enam (tiga tahun kedua), santeri telah memiliki kunci untuk penguasaan bacaan kitab-kitab kuning itu tadi.

6.2. Mata pelajaran umum yang 50,7 % itu sama dengan 100% kurikulum SLTP/SLTA minus agama dan Kemuhammadiyahan.

Jadi dengan demikian, pelajaran umumnya telah cukup memadai untuk dasar melanjutkan ke perguruan tinggi atau pengembangan didi terjun di tengah-tengah masyarakat.

VIII

WAKTU KBM (KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR).

 

 

 

Waktu-waktu kegiatan belajar mengajar di pondok (Ma’had) dibagi dalam 4 (empat) waktu, yaitu : Shubuh, Siang, Sore dan malam hari, dengan rincian sebagai berikut :

 

 

 

7.1. Shubuh, Pkl. 05.00 --- 06.20 ; dua jam pelajaran dengan waktu bagi tiap pelajaran 40 menit.

7.2. Siang, Pkl. 07.00 --- 11.45 ; enam jam pelajaran dengan waktu bagi setiap pelajaran 45 menit. Masa istirahat di tengah-tengahnya selama 15 menit.

7.3. Sore pkl. 16.00 --- 17.30 ; tiga jam pelajaran dengan waktu bagi setiap pelajaran 30 menit.

Hal ini dilakukan mengingat persiapan menjelang shalat Maghrib.

7.4. Malam, Pkl. 19.30 --- 21.00 ; dua jam pelajaran dengan waktu bagi setiap pelajaran 45 menit.

 

Keterangan :

  1. Waktu-waktu kegiatan Belajar Mengajar itu diatur di luar waktu-waktu shalat fardlu; hal ini dilakukan agar santri dapat melakukan shalat-shalt fardu itu dengan berjama’ah di mesjid.
  2. Waktu-waktu istirahat dari Kegiatan Belajar Mengajar di kelas, diperguanakan untuk keperluan makan dan lain-lain kerja rumah/asrama.

2.1.         antara pukul 06.20 – 07.00 : sarapan pagi

2.2.         antara pukul 13.00 – 15.00 : makan siang

2.3.         antara pukul 18.30 – 19.30 : makan malam.

 

IX

KEADAAN SANTRI

 

No

Kelas

Jml.  Kelas

Jenis Kelamin

Jumlah

 

Laki-laki

Perempuan

 

1.

I

5

120

116

236

 

2.

II

5

107

105

112

 

3.

III

5

104

109

113

 

4.

IV

4

92

96

188

 

5.

V

4

68

92

160

 

6.

VI

4

75

74

149

 

Jumlah

27

566

592

1158

X

KEADAAN GURU DAN PEGAWAI

 

No

Jabatan

Jenis Kelamin

Jumlah

 

Laki-laki

Perempuan

 

1.

Pimpinan

1

-

1

 

2.

Kepala Sekolah

2

2

4

 

3.

Guru / Pembina

56

21

77

 

4.

Laboran

2

4

6

 

5.

TU

7

3

10

 

6.

Dokter

1

1

2

 

7.

Paramedis

2

-

2

 

8.

Pegawai Dapur

1

13

14

 

9.

Pegawai Kebersihan

8

2

10

 

10.

Pegawai Urusan Air / Listrik

1

-

1

 

11.

Satpam

6

-

6

 

Jumlah

87

46

133

 

XI. KEADAAN SARANA DAN PRASARANA

No

Jenis Bangunan

Jumlah

No

Jenis Bangunan

Jumlah

1

Kantor Pimpinan

1

21

Dapur umum

1

2

Kantor Sekretariat

1

22

Masjid putra

1

3

Kantor Kepala Madrasah

1

23

Masjid putrid

1

4

Kantor TU

1

24

Perumahan pimpinan

1

5

Ruang Singgah

2

25

Perumahan Kepala

4

6

Ruang Guru

1

26

Perum. Guru/Pembina

20

7

Ruang Perpustakaan

1

27

Perumahan dokter

1

8

Laboratorium Biologi

1

28

Ruang kelas Putra

12

9

Laboratorium kimia

1

29

Ruang Kelas Putri

6

10

Laboratorium fisika

1

30

Asrama putra

27

11

Laboratorium matematika

1

31

Asrama putri

14

12

Laboratorium Bahasa

1

32

Kamar Mandi putra

12

13

Laboratorium Komputer

1

33

Kamar Mandi putri

10

14

Balai Pengobatan

1

34

WC

40

15

Gedung Serbaguna

1

35

Lapang tennis Meja

2

16

Ruang koperasi

1

36

Lapang Basket

1

17

Ruang Makan Putra

2

37

Lapang Volly ball

1

18

Ruang Makan Putri

2

38

Lapang Sepak Bola

1

19

Ruang Piket

1

39

Work Shop

1

20

Ruang Multimedia

1

40

Penginapan Tamu

1

 

Garut, Juli 2018

 

Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah

Daerah Garut

Pimpinan,

 

 

 

 

 

H. RUHAN LATIF, S.Ag

INFO PESANTREN

.

INFORMASI

SARAN & KRITIK

Pest. Darul Arqam Garut

---------------------
CP. 0262 233804
email : info@darularqamgarut.sch.id

Live Support Chat

GALLERY

VIDEO PROFIL DARUL ARQAM

QUM SANTRI